Digital Marketing 2022
Home / Berita / 5 Tren Digital Marketing Tahun 2022 untuk meningkatkan Bisnis

5 Tren Digital Marketing Tahun 2022 untuk meningkatkan Bisnis

Tahun 2021 belum lama berlalu. Sebagai penggiat digital marketing, tahukah Anda tren yang diprediksi bakal terjadi di tahun 2022?

Untuk bisa menyiapkan strategi digital marketing untuk tahun 2022, Anda harus mulai melakukannya sekarang.

Beberapa tren ini mencakup perubahan dan pembaruan pada beberapa strategi populer yang sudah ada di tahun 2021.

Namun, beberapa juga cukup baru lho.

Penasaran seperti apa tren tahun 2022 Ini?

1. Artificial intelligence

Artificial Intelligence (AI) merupakan tren digital marketing pada tahun 2022 yang paling sering dibicarakan oleh para ahli.

Sebenarnya AI merupakan teknologi baru.

Namun di tahun-tahun mendatang, teknologi ini akan lebih mudah diakses dan memiliki banyak aplikasi di berbagai aspek.

Menurut Bramework, 61% pemasar berpikir bahwa AI adalah aspek yang paling penting dari strategi mereka.

Selain itu, 80% pemimpin bisnis setuju bahwa penggunaan AI meningkatkan produktivitas.

Anda bisa mulai mencoba beberapa alat AI seperti HubSpot, Google Cloud AI, Acquisio Turing, dan lain-lain untuk strategi pemasaran digital Anda.

 

2. Visual search

Kini, mencari informasi lewat internet tidak harus hanya teks.

Teknologi yang berkembang pesat menciptakan tren digital marketing baru yang akan meningkat di tahun 2022, yaitu visual search.

Pengguna akan sangat terbantu dengan adanya fitur pencarian barang dengan mencari foto yang mirip tanpa harus memasukkan kata kunci tertentu.

Saat ini, fitur tersebut dapat ditemukan di Google Lens dan Pinterest.

Sebagai pemasar digital, Anda harus memastikan produk Anda dapat ditemukan dengan cara ini melalui alt text dan sebagainya.

Kursus SEO

3. Chatbot

Di era serba cepat ini, konsumen semakin menginginkan respon instan.

Oleh karena itu, chatbots diharapkan menjadi salah satu tren digital marketing pada tahun 2022 mendatang.

Dengan chatbot di situs Anda, Anda dapat mengatur tanggapan otomatis untuk membantu konsumen menavigasi dan menyelesaikan masalah.

Tidak hanya cepat, chatbots juga mengurangi upaya biasa yang diperlukan untuk merespons pelanggan secara manual.

Nah, itulah beberapa tren digital marketing yang bisa menjadi referensi Anda saat menyusun strategi untuk 2022.

Tentu saja, strategi digital marketing tidak bisa dilepaskan dari aspek lain untuk bisa sukses.

 

4. Hybrid event

Di tengah pandemi Covid-19, banyak aktivitas yang beralih ke online.

Setelah kurang lebih dua tahun kita terbiasa dengan rutinitas online, aktivitas offline harus kembali digunakan pada 2022.

Namun, ada banyak orang yang memiliki preferensi untuk menghadiri acara online daripada offline.

Oleh karena itu, para digital marketer kini harus bersiap-siap untuk memberikan metode hybrid atau gabungan saat menyelenggarakan event.

Jadi, peserta bisa bebas memilih untuk datang secara langsung atau online.

Kursus Digital Markting

5. Mobile/live stream shopping

Siapa yang tidak pernah berbelanja dari smartphone?

Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya.

Jadi, strategi digital marketing di tahun 2022 bisa fokus pada tren yang satu ini.

Pastikan Anda memiliki social commerce yang mobile-friendly dan manfaatkan fitur-fiturnya, seperti live streaming, Instagram shopping, dan lainnya.